AGENDA KEGIATAN MAPALA

 

Temu Wicara dan Kenal Medan XX  Mahasiswa Pecinta Alam Se-Indonesia

Pecinta Alam 17 Agustus 1945 Surabaya ( PATAGA SURABAYA )

18 – 25 Oktober 2008, Surabaya

 

PENDAHULUAN

 Alam Indonesia yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa dengan keindahannya yang mendukung untuk segala macam kegiatan khususnya di bidang kepecinta alaman. Agar dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut, maka kita terlebih dahulu harus mengenal dan mengetahui serta mencintai alam itu sendiri.

 Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri perkumpulan atau organisasi kepencinta alaman. Salah satunya adalah organisasi Pencinta Alam dilingkungan kampus yang biasa disebut dengan Mahasiswa Pencinta Alam ( MAPALA ) yang tersebar diseluruh kampus yang ada di Indonesia.  

Untuk lebih mempererat tali persaudaraan dan persatuan sesama Pencinta Alam di Indonesia maka dibentuklah suatu kegiatan yang dinamakan Temu Wicara dan Kenal Medan Mahasiswa Pecinta Alam ( TWKM ) yang diadakan rutin setiap tahun.  

Berkaitan dengan hal tersebut diatas. Kami Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam 17 Agustus 1945 Surabaya ( PATAGA SURABAYA ), selaku tuan rumah terpilih Temu Wicara dan Kenal Medan XX  Mahasiswa Pecinta Alam tahun 2008 berkewajiban menyelenggarakan kegiatan tersebut.  

Diharapkan dari forum TWKM XX ini melahirkan sebuah langkah kongkrit MAPALA Indonesia untuk berperan serta dalam usaha pelestarian lingkungan di Indonesia. Serta tercipta rasa persaudaraan antar Pencinta Alam dan sharing ilmu petualangan untuk memeratakan skill para penggiat alam.

 DASAR KEGIATAN

1.       Pancasila dan UUD 1945

2.       Tri Dharma Perguruan Tinggi

3.       UU. No 23/1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup

4.       Kode Etik Pencinta Alam Indonesia

5.       Ketetapan sidang TW-TWKM XIX nomor 02/TAP/PRES. SID.TW/TWKM XIX/2007 Tentang penunjukan PATAGA Surabaya sebagai Penyelenggara TWKM XX

6.       Rekomendasi dari DIRJEN DIKTI

7.       Program kerja UNTAG Surabaya untuk memperingati Dies Natalis ke 50 UNTAG Surabaya

8.       Program kerja Pengurus Harian PATAGA SURABAYA periode 2006 – 2007

 

TEMA KEGIATAN

 Tema kegiatan ini adalah :      

“SEHATKAN ALAM DENGAN TANGAN KITA”

 MAKSUD DAN TUJUAN

 1.       Wujud pengabdian Mahasiswa Pencinta Alam Indonesia Kepada masyarakat Bangsa dan Tanah Air

2.       Menumbuhkan Sikap kritis Mahasiswa Pencinta Alam Indonesia terhadap permasalahan lingkungan di Indonesia

3.       Meningkatkan peran serta MAPALA Se- Indonesia dalam penanggulangan permasalahan lingkungan

4.       Memupuk rasa Persatuan, Kesatuan dan Persaudaraan antar Mahasiswa Pencinta Alam Indonesia sebagai implementasi Kode Etik Pencinta Alam Indonesia.

5.       Sebagai media latihan bersama  Mahasiswa Pencinta Alam Indonesia

6.       Memperkenalkan potensi wisata dan sumberdaya alam di JAWA  TIMUR

 

NAMA KEGIATAN

 Nama kegiatan ini adalah :

TEMU WICARA DAN KENAL MEDAN XX

MAHASISWA PENCINTA ALAM SE-INDONESIA

 NAMA PENYELENGGARA

 Penyelenggara kegiatan TWKM XX adalah :

Pecinta Alam 17 Agustus 1945 ( PATAGA ) Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 ( UNTAG ) Surabaya

 BENTUK KEGIATAN

 Studium Generale

1.        Temu Wicara (TW)

2.      Kenal Medan (KM)

3.     Pagelaran Seni

 GAMBARAN UMUM KEGIATAN

1.        Studium Generale

Merupakan kuliah umum tentang kebijakan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia. Diharapkan dari kuliah ini diperoleh pengetahuan baru yang akan  berguna dalam pelaksanaan sidang TWKM. Kegiatan ini akan diisi oleh instansi terkait.

2.      Temu Wicara (TW)

Kegiatan ini berupa sidang yang membahas berbagai masalah internal organisasi dan eksternal organisasi yaitu permasalahan lingkungan yang terjadi di Indonesia. Temu wicara diikuti perwakilan Mapala Se – Indonesia.  Di dalam Temu Wicara ini juga di adakan kegiatan konservasi yang di ikuti oleh seluruh peserta Temu Wicara.

3.     Kenal Medan (KM)

Berupa latihan bersama serta sharing ilmu kegiatan alam bebas agar tercipta kemerataan skill dan terjalin rasa persaudaraan antar Pencinta Alam. Kenal Medan terbagi menjadi empat divisi yaitu Pendakian Gunung, Panjat Tebing, Susur Goa dan Arung jeram yang tempat pelaksanaanya berbeda sesuai tempat yang ditetapkan panitia.

a.      Gunung Hutan

Bentuk kegiatan       :

1.                   Analisis Lingkungan

Pembentukan tim analisis lingkungan bertujuan untuk memberikan hasil yang jelas dalam  kegiatan ini yang nantinya akan diserahkan langsung kepada instansi yang terkait. Acuan pelaksanaan analisis lingkungan berupa :

a. Sosial Budaya

b. Kerusakan Ekologi ( penyebab & solusi )

c. Potensi pengembangan Wisata alam bebas berbasis masyarakat

 2.         Pendakian Gunung.

Pendakian dilaksanakan di Gunung Raung. Gunung Raung terletak diperbatasan Bondowoso dan Banyuwangi Jawa Timur. Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 3344 Mdpl dan mempunyai kaldera aktif terbesar kedua di Indonesia setelah gunung Tambora di NTT. Jalur pendakian Kalibaru merupakan jalur pendakian terexstrim di pulau Jawa dengan kondisi hutan yang masih terjaga dengan baik. Pendakian dilakukan dari dusun Wonorejo, Kalibaru Wetan, Banyuwangi yang merupakan jalur yang dibuat oleh team PATAGA  Surabaya tahun 2002.  

b.      Panjat Tebing/Climbing

Bentuk Kegiatan       :

1.         Pemanjatan

Pemanjatan dilakukan Di Lembah Kera Malang dengan mencoba membuat beberapa jalur baru menggunakan sistem artificial dan sport yang bertujuan untuk observasi kawasan karst demi mencegah degradasi lingkungan. Tebing lembah Kera terletak di Desa Gampingan Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Tebing ini merupakan jenis batuan karst sehingga dapat digunakan untuk semua jenis pemanjatan yaitu Top Rope, Artificial, Free Climbing dan Bouldering. Tebing ini juga memiliki banyak jalur pemanjatan dan yang paling tinggi adalah jalur Long Way dengan ketinggian sekitar 50 Meter. Dikalangan Pemanjat Tebing Jawa Timur nama tebing lembah kera sudah sangat populer karena sering digunakan sebagai tempat pelatihan maupun petualangan.

2.         Analisis Lingkungan

Pembentukan tim analisis lingkungan bertujuan untuk memberikan hasil yang jelas dalam kegiatan ini yang nantinya akan diserahkan langsung kepada instansi yang terkait.

Acuan pelaksanaan analisis lingkungan berupa :

a. Kegiatan yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada tatanan ekosistem

b. Potensi pengembangan wisata alam bebas berbasis masyarakat  

c.      Penelusuran Goa/Caving

                        Bentuk Kegiatan       :

1.         Penelusuran Goa

Kegiatan yang akan dilakukan adalah penelusuran goa Luweng Ombo dan goa  Luweng  Jaran , Pacitan, Jatim  dengan tujuan peningkatan kemampuan peserta dalam melakukan penelusuran serta penilaian potensi gua sebagai salah satu penyimpan cadangan air bawah tanah. Pacitan merupakan kawasan karst sehingga banyak sekali terdapat goa. Kedua Goa diatas dipilih panitia karena mempunyai grade dan karakteristik yang istimewa. Luweng Ombo merupakan goa vertikal dengan mulut goa yang lebar dan mempunyai kedalaman 125 M dari mulut goa. Luweng Jaran adalah goa kombinasi vertikal dan horisontal dengan lorong yang sangat panjang serta ornamen yang indah.

2.         Analisis Lingkungan

Pembentukan tim analisis lingkungan bertujuan untuk memberikan hasil yang jelas dalam kegiatan ini yang nantinya akan diserahkan langsung kepada instansi yang terkait.

Acuan pelaksanaan analisis lingkungan berupa :

a. Sosial Budaya Masyarakat

b. Inventarisasi ekosistem gua

c. Potensi pengembangan wisata alam bebas  

d.      Arung Jeram/Rafting

Bentuk Kegiatan       :

1.                   Pengarungan Sungai / Rafting.

Pengarungan dilaksanakan disungai Pekalen Probolinggo. Sungai Pekalen merupakan sungai yang airnya bersumber dari gunung Lamongan dan gunung Argopuro. Dalam pengelolaannya sungai pekalen terbagi menjadi dua bagian, yaitu sungai Pekalen Atas yang masuk wilayah Desa Ranu Gedang dan sungai Pekalen bawah yang Masuk wilayah Desa Condong Kecamatan Gading  Kabupaten Probolinggo

Sungai Pekalen Probolinggo memiliki tingkat kesulitan dalam klasifikasi grade 2 – 3  yang relatif aman dalam mengarungi sungai tersebut, serta memiliki karakteristik sungai yang memiliki panorama indah diantaranya air terjun yang terdapat di sepanjang sungai pekalen atas.

2.         Analisis Lingkungan

Pembentukan tim analisis lingkungan bertujuan untuk memberikan hasil yang jelas dalam kegiatan ini yang nantinya akan diserahkan langsung kepada instansi yang terkait.

Acuan pelaksanaan analisis lingkungan berupa :

a. Sosial Budaya Masyarakat

b. Inventarisasi ekosistem sungai

c. Potensi pengembangan wisata alam bebas  

4.     Pagelaran Seni

Kegiatan yang dilaksanakan adalah bazar, live musik, pameran reptil dan pameran foto yang merupakan Penutup rangkaian acara Temu Wicara dan Kenal Medan XX Mahasiswa Pencinta Alam Indonesia XX .

 

WAKTU DAN LOKASI

 WAKTU                   :  Tanggal 18 – 25 Oktober 2008

LOKASI                  :

       

TEMU WICARA   19 – 24 Oktober 2008

  • Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 

       

KENAL MEDAN                  

  • Pendakian Gunung       : 18 – 25 Oktober 2008

Gunung Raung > Ds KalibaruWetan Kec. Kalibaru Kabupaten Banyuwangi

  • Penelusuran Goa          : 19 – 24 Oktober 2008

Goa Luweng Jaran dan goa Luweng Ombo > Kab. Pacitan

  • Panjat Tebing               :  19 – 24 Oktober 2008

Tebing Lembah Kera > Ds. Gampingan Kec. Pagak Kab. Malang

  • Arung Jeram                :  19 – 24 Oktober 2008

Sungai Pekalen > Ds. Ranu Gedang Kec. Tiris – Ds Condong   Kec. Gading Kab. Probolinggo

      

PAGELARAN SENI  > 23 – 25 Oktober 2008

  • Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ( parkir SMU UNTAG SBY )

 

PESERTA

          Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Pecinta Alam tingkat Perguruan Tinggi yang ada di seluruh Indonesia dengan syarat-syarat sebagai berikut :

  • Umum

Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran paling lambat tanggal 17 0ktober 2008 pukul 24.00 WIB dengan melampirkan :

1.        Kuwitansi / Bukti transfer pembayaran pendaftaran.

2.       Surat tugas dari Organisasi.

3.      Foto kopy kartu anggota organisasi.

4.     Foto terbaru 3 X 4 berwarna 3 lembar

5.     Surat keterangan sehat dari dokter.

6.     Surat pernyataan anti narkoba dengan matrei 6000.

7.      Surat pernyataan peserta TWKM XX yang telah ditandatangani dan dibubuhi stempel organisasi

  • Khusus.
  • Peserta TWKM XX harus memenuhi persyaratan Khusus sebagai berikut :

1.        Setiap organisasi wajib mengikuti Temu Wicara hanya 1 orang.

2.      Merupakan fungsionaris organisasi atau yang telah diberi mandat dengan keterangan tertulis dari organisasi yang bersangkutan.

3.     Membayar kontribusi peserta Rp. 100.000,- per peserta / orang. ( tiap organisasi maximal  2 orang, 1 TW dan 1 KM. Dan apabila menginginkan mengirim lebih dari 2 orang, maka wajib / harus mengkorfimasikan / menghubungi ke panitia terlebih dahulu paling lambat tanggal 11 Oktober 2008)

4.     Sudah berstatus sebagai anggota penuh ( Bukan Anggota Muda )

  • Tambahan.

1.        Jika ada peserta KM yang terlambat, maka pengaturan distribusi kegiatannya di atur oleh panitia.

2.      Sesuai kesepakatan penguatan peraturan di TWKM VIII Semarang tahun 2006, seluruh peserta dilarang keras membawa narkotika dan zat Psikotropika lainnya.

3.     Setiap organisasi di wajibkan membawa satu foto alam tiap daerahnya ukuran 10 R yang sudah di tempel di kertas hitam / di bingkai. 

       

 FASILITAS

 Setiap peserta akan mendapat fasilitas sebagai berikut :

1.        Konsumsi dan Akomodasi selama kegiatan berlangsung. ( kecuali Gunung Hutan )

2.      Transportasi dari dan ke lokasi kegiatan.

3.     T-shirt

4.     ID Card

5.     Stiker

6.     Piagam

7.      Souvenir kegiatan

8.     Laporan kegiatan.

( no 7 – 8 tiap organisasi 1 buah )

 

TECHNICAL MEETING dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2008 pukul 15.00 WIB di ruang Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ( UNTAG ). Kecuali untuk Gunung Hutan  TM dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2008 pukul 13.30 WIB di ruang Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ( UNTAG )

 

PERLENGKAPAN WAJIB KENAL MEDAN TWKM XX PATAGA SURABAYA  

a.      Gunung Hutan/Pendakian

 

1.       Carrier minimal 80 liter  + Rain Cover

2.       Pakaian lapangan

3.       Matras

4.       Ponco / Rain coat

5.       Water Jug 10  liter

6.       Perlengkapan mandi

7.       Perlengkapan makan ( piring, sendok,gelas )

8.       Senter / head lamp + baterai & bolamp cadangan

9.       Tempat minum

10.    Kaus tangan dan kaus kaki 2 pasang

11.    Sepatu lapangan

12.    Tissue 2 Roll

13.    Korek Api ( Kayu dan gas )

14.    Baju ganti

15.    Pisau tebas

16.    Plastic packing / polibag

17.    Kantong plastic besar dan kecil

18.    Sleeping bag

19.    Jaket

20.    Medical kit

21.    Tenda dome

22.    Alat masak ( trangia, kompor butterfly, kompor parafin, MSR )

23.    Bahan bakar ( Spirtus, gas, parafin )

24.    Lilin

25.    Raffia , lakban alat jahit sepatu dan alat jahit carrier

26.    Harnest

27.    Webbing 2 roll

28.    Carabiner screw 3 buah

29.    Descender ( Figur of Eight, Grigri, Reverso Dll )

30.    Ascender (Jumar, T Block Dll )

31.    Konsumsi untuk 6 hari + 2 hari cadangan  

Catatan: mengingat beratnya medan, peserta gunung hutan harap melengkapi perlengkapan yang sudah ditentukan panitia  

b.      Panjat Tebing/Climbing  

1.   Sit Harness 1 buah

2.   Helm Standart 1 buah

3.   Carabiner Screw 2 buah

4.   Webing 1 buah

5.   Sepatu Panjat 1 buah

6.   Descender 1 buah ( Figur of Eight / Grigri / Reverso )

7.   Perlengkapan Pribadi

8.   Calk Bag 1 buah  

c.      Penelusuran Goa/Caving  

1.       SRT Set ( ascender, descender non figure 8, MR, cowstail, footloop, chest harness, harness caving, chest ascender )

2.       Carabiner oval gate 5 buah

3.       Cover All / Katel pack 1 buah

4.       Senter / Head lamp / Boom ( Lampu karbit ) 1 buah

5.       Dry bag 1 buah

6.       Sepatu karet / Sepatu boat 1 pasang

7.       Helm caving 1 buah

8.       Pelampung 1 buah

9.       Carabiner Screw dan Webing masing masing 2 Buah

10.     Perlengkapan Pribadi dan obat-obatan pribadi

11.     Sarung Tangan  

Catatan :

System yang digunakan frogrig system  

d.      Arung Jeram/Rafting

1.       Kaus lengan panjang

2.       Celana pendek

3.       Perlengkapan pribadi

 

RUTE TRANSPORTASI  

  • Pelabuhan Tanjung Perak > naik Bus Kota arah Bungurasih turun di terminal Joyoboyo > naik Lyn S turun diterminal Bratang > jalan kaki 500 M ke Sekretariat PATAGA SURABAYA
  • Stasiun Gubeng > naik lyn N turun di terminal Bratang > jalan kaki 500 M secretariat PATAGA SURABAYA
  • Stasiun Pasar Turi  > naik Lyn Q  turun diterminal Bratang > jalan kaki 500M ke Sekretariat PATAGA SURABAYA
  • Terminal Bungurasih > Bus kota jurusan Bratang > Jalan kaki 500 M ke sekretariat PATAGA SURABAYA
  • Bandara Juanda > Taksi / bus khusus bandara ( DAMRI ) turun terminal Bungurasih > Naik bus kota jurusan terminal Bratang > jalan Kaki 500 M ke Sekretariat PATAGA SURABAYA

 

INFORMASI  

Sekretariat PATAGA SURABAYA          : 031 5942865

Isra Ul Huda / slank                                   : 081938410779

Muhe Khan                                                : 081357474639

E – MAIL                                                   : Pataga_sby88@yahoo.com

 

Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening

1.       Bank Mandiri  Kantor Cabang Pembantu Surabaya Margorejo

      Nomor rekening 140-00-0703270-0

      atas nama Arief Harsono

2.       Bank BCA Cabang Ahmad Yani                                               

Nomor rekening 429-042546-3

atas nama Hariadi Purnama, SE

3.   Bank  MEGA Kantor cabang Pembantu Ngagel Surabaya                                                            

Nomor rekening 021010020024976    

atas nama Irwina Meilani

3 Tanggapan

  1. 1.ada apa dengan twkm?
    2.apakah yang diperbuat mapala makasar bisa menyelesaikan masalah yang diperbuatnya?

    gw: joebir ” makopala Univ. budi luhur”

  2. salam lestari..untuk pataga lpj twkm xx kok lom nyampe pengurus mapasuri sudah nunggu nih..

  3. salam lestari…
    ne sari dari siklus…
    salam kenal..

    mampir ke website siklus di :
    siklus.lmb.its.ac.id ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: